Ngelindur

Adakah kiranya sisa energi yang bisa kau bagi? Di tengah hari penuh kehampaan di mana jemari hanya bisa bergerak menurut perintah sang otak. Bersemburan kata demi kata yang melintas begitu saja tanpa dirangkaikan. Malam sudah lewat. Dini hari masih menjelang. Mata tak mengantuk. Meski lelah telah menggantung siap menghadang. Apalah aku ini di antara miliaran manusia yang masing-masing berjalan ke arah yang berlainan. Kadang dengan tujuan, kadang mengikuti saja kaki melangkah.

 

Ah, kakiku yang mulai kebas. Mataku yang mulai berkedut. Rambutku yang tidak rontok namun helainya kian menipis. Rasa-rasanya menjadi lebih tua dari usia. Tak bisa dicegah, meski setengah mati mencari jalan. lalu sampai kapan bisa bertahan? Mana aku tahu?

 

Sejauh mana manusia punya kuasa atas dirinya? Sedang hidup mati saja tak berani diputuskan sendiri. Lalu haruskah kita menyerah dan mengakui akan adanya kuasa besar yang mencengkram hidup kita? Adakah kita memang hanya wayang, meski sang dalang tak pernah kelihatan wujudnya?

 

Untuk apa hidup? Hidup untuk apa? Itu saja yang menari-nari menjadi tanya. Tanya yang mungkin bisa saja dijawab. Tapi bahkan diri ini yang mengajukan tanya, hanya ingin lemparkan tanya. Tanpa ada keinginan untuk menjawabnya.

 

Apalah yang bisa dijawab? Memangnya jika terjawab lalu mau apa? Apa bisa mengubah kuasa? Apa bisa mengubah langkah-langkah yang setiap hari itu-itu saja? Langkah setia menyusuri jalan dengan tujuan tak berwujud. Jalan terus sekedar untuk mengisi hidup.

 

Malam telah lewat, Kawan. Dini hari pun belum datang.

Dan ngelindur menjadi satu-satunya yang mampu dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s