Meledak (Lagi)

Iyah, bener, ranah perjuangan paling sulit tu emang di keluarga. Bukan karena mereka lebih tua, jadi lebih konservatif atau lebih kolot. Karena setau gw si secara pengalaman dan pengetahuan keluarga gw lumayan terbuka, berkembang, dan moderat. Untuk beberapa isu misalnya pelan-pelan bisa gw diskusiin dan kami bisa menemukan kesepahaman meski kadang ga mudah. Tapi mungkin karena nilai yang udah terinternalisasi sebelumnya, akhirnya perubahan yang gw bawa menjadi parsial.

Coba, gimana caranya ngejelasin ke ortu lo, bahwa menikah atau tidak itu adalah pilihan. Bahwa memiliki keturunan itu juga pilihan. Bahwa tinggal bersama dengan pasangan tanpa pernikahan itu juga pilihan.

Pusing ga si, kalo kondisi lo yang belum menikah, itu dirasakan beban oleh ortu lo. Omongan-omongan kayak

“Mama udah tua lho, kamu ga kepengen ngeliat Mama gendong cucu dari kamu?”

“Si Ibu A, meninggal kemarin, padahal usianya lebih muda dari Mama. Tapi dia si udah tenang karena anaknya udah menikah semua.”

Terus soal nikah ga nikah dll itu yang disalahin apa, karena kerjaan gw, karena dunia gw, karna lingkungan gw.

Eitz,,, ga Cuma masalah nikah, masalah gula darah gw tinggi juga yang disalahin kerjaan gw. Soal makan ga teratur lah, stress lah, istirahat ga cukup lah.

Ok, yang terakhir ini mungkin bukan soal perjuangan. Tapi ketika beban kerja dan pikiran lo udah berat, apa si yang lo butuhin? Sekedar dukungan. Dukungan atas pilihan yang udah lo buat, atas langkah yang udah lo ambil, dukungan untuk ngejalanin konsekuensi-konsekuensi dari keputusan-keputusan itu.

Mungkin di sisi lain gw juga harus refleksi, apa yang udah gw kasih untuk keluarga gw. Dan kalau keluarga gw menghitung tentang apa yang gw kasih itu ga jauh-jauh dari materi, ya mereka juga korban dari sistem kapitalistik ini yang emang ngukur semua-semua dari materi.

Tinggalkan Balasan

