Kenapa OBR

Kenapa aku ikut One Billion Rising?

Well, ada banyak sekali alasan untuk ikut gerakan ini. Karena bagiku OBR merupakan gerakan positif yang memberikan kesan tersendiri bagiku. Untuk ulasan pengalamanku tahun lalu, kawan-kawan bisa membacanya di tautan berikut, yang menunjukan betapa aku mendapatkan banyak hal dengan mengikuti OBR https://dindanuurannisaayura.wordpress.com/2013/02/15/melawan-bersama-menari-bersama-bangkit-bersama/.

Namun ada salah satu alasan yang belum pernah aku ungkapkan. Aku mengalami pelecehan seksual sejak kecil, oleh orang-orang di sekitarku. Terkait bentuk pelecehan seksual, masih sulit rasanya untuk kupaparkan di sini. ‘Tidak sampai’ peneterasi memang. Namun trauma dan dampaknya masih bersisa hingga sekarang.

Ada banyak cerita yang aku dengar tentang kekerasan terhadap perempuan. Perkosaan dan kekerasan seksual adalah salah satunya. Menjadi berat ketika di dalam budaya kita korban perkosaan justru kerap dipersalahkan. Perkosaan bukan sekedar menjadi persoalan personal, persoalan pelaku, tetapi juga budaya, tuduhan yang dilontarkan, perilaku aparat hukum, stigma yang dilekatkan, membuat trauma yang dirasakan korban menjadi berlipat, berlapis, dan lebih menyakitkan.

Hari ini, seorang kawan lama menghubungiku dan menceritakan bahwa temannya menjadi korban perkosaan. Aku membagikan sedikit informasi yang aku tahu mengenai langkah-langkah yang bisa dilakukan. Temanku berkata, temannya tidak lagi ingin berurusan dengan polisi.

“Dia ngerasa ‘ditelanjangi’ lagi kalo harus berurusan sama penyidik. Dan si rapist nanti Cuma dihukum beberapa tahun aja. Ga sepadan sama malu dan sakit yang dia tanggung.”

Yup. Betapa hukum dan budaya tak berpihak pada perempuan, pada korban perkosaan. Ini harus dilawan. Kita tidak bisa diam.

Maka insiatif apapun yang kita lakukan untuk melawan, mari kita lakukan. Karena diam bukan pilihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s