Dua Kekalahan

Dalam waktu yang berdekatan ada dua kabar buruk yang kudapatkan. 7 Desember 2013, setelah proses negosiasi yang alot hingga menemput perpanjangan waktu negosiasi, Paket Bali akhirnya diadopsi melalui Konferensi Tingkat Menteri (KTM 9) yang merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi WTO. Sedih sekali, karena perjuangan rakyat dunia yang mengakibatkan negosiasi deadlock hingga 18 tahun, akhirnya pupus di tahun ini. Di Bali, di Indonesia. Maka gambaran pemiskinan semakin tegas. Meski kami sama-sama menyadari, WTO hanya salah satu jalan, di samping banyak FTA yang ditandatangani para penguasa yang tahunya hanya menjual Negara. Namun yang kami butuhkan sesungguhnya adalah legitimasi bawa WTO memang tidak patut dipertahankan. Bahwa WTO yang negosiasinya sudah mentok selama 18 tahun bukanlah mekanisme yang diinginkan dunia. Sayangnya, mereka sukses mengukuhkan legitimasi mereka.

Lima hari kemudian..

12 Desember 2013, kabar datang dari gedung MK. Permohonan kawan-kawan Unand untuk membatalkan beberapa pasal UU Pendidikan Tinggi ditolak oleh MK. Yang mencengangkan adalah dalil-dalil MK di dalam putusan itu sendiri. Sangat berbeda dengan suasana ketika putusan BHP dipaparkan. Sekali lagi, ini soal legitimasi. DIlegitimasinya komitmen Negara oleh MK untuk terus meminggirkan masyarakatnya. Meminggirkan anak bangsanya.

Malam ini, aku merasan sendirian di tengah suasana yang ramai. Keberadaanku di Denpasar jauh dari kawan-kawan tempatku ingin meluapkan perasan. Mungkin saja malam ini akan diisi dengan tangisan. Atau bisa saja hiburan sesaat menjadi pilihan. yang jelas aku butuh jeda.

Hanya jeda sejenak saja, hingga langkah melawan akan bangkit dan bekerja lebih keras.

Hari ini aku merasa kalah. hari ini hatikupun terasa patah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s