Perayaan Bersama untuk Perempuan

Diketik ulang dari tulisan di buku harian saat menikmati malam bersama ‘Reclaim The Night.’

Yeiyyy! Malam ini kembali bertemu orang-orang menyenangkan. Kali ini di bundaran Hotel Indonesia. Di sini ada banyak orang dengan berbagai kegiatan. Ada yang tengah berbagi cerita, ada yang lagi sibuk bikin video dengan properti laser, sibuk bidik sini bidik sana dengan kamera, bermain dengan pilok dan kaos, bahkan celana jeans, ada juga yang merajut, atau sekedar jalan-jalan menyusuri pinggiran Bundaran HI.

Dan aku, pada akhirnya memilih untuk (lagi-lagi) menikmati kesendirian dalam keramaian. Karena kesendirian dalam keramaian itu justru terasa lebih syahdu. Aku menikmati mengamati mereka satu per satu. Termasuk seorang idolaku yang seperti biasa, selalu humble berbagi cerita, dan tawa. Seraya menggoreskan pena di buku catatanku. Mencoba merekam suasana malam 8 Maret 2013 ini.

Menjelang tengah malam bundaran HI semakin ceria. Sesekali pengamen jalanan turut bergabung meramaikan suasana. Sementara kendaraan yang melintas sudah tidak terlalu ramai. Sejenak kupejamkan mata menikmati angin yang berhembus perlahan saja. Hujan yang turun tanpa ampun tadi siang seakan tak meninggalkan jejak.

Ah, rupanya aku salah. Malam ini, bintang-bintang bersembunyi di balik gelap langit. Rupanya mereka enggan muncul setelah sesiangan tadi hujan membasahi parade perempuan dalam rangka momen yang sama. Hari Perempuan Internasional.

Hari ini menjadi perayaan tersendiri bagiku. Dari pagi, hingga menjelang tengah malam. Menikmati momen manis yang dirayakan pula oleh perempuan-perempuan lainnya sedunia. Aku hanyalah bagian kecil, setitik saja dari perayaan yang ini.

Hey, aku bukan hendak bilang bahwa perempuan merayakan kemenangan. Aku sepenuhnya sadar bahwa perjuangan perempuan masih jauh dari selesai. Bahwa masih banyak perempuan-perempuan yang mengalami ketidakadilan, tidak mendapakan akses, termasuk tidak bisa menikmati malam indah di ruang publik seperti aku sekarang ini

Tapi, betapa hari ini acara memperingati IWD tak kunjung habis. Betapa banyak orang yang bergabung, perempuan, laki-laki, transjender. Lagi-lagi menjadi sebuah bukti betapa banyak orang yang peduli pada isu perempuan. betapa isu perempuan menjadi milik bersama, milik banyak orang. Dan semoga juga menjadi pertanda, lebih banyak orang yang sadar, lebih banyak orang yang berubah, lebih banyak orang yang bergerak untuk keadilan bagi perempuan.

Malam ini, meski langit tak berbintang. Aku menangkap sinar teramat terang. Terpancar menyala, dari setiap mata yang hadir di sini, merebut kembali malam untuk perempuan.

Reclaim the Night: Because the night has to be a safe space for women

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s