5cm: Kenapa aku Menangis

teaserposterfinalHari ini untuk kedua kalinya aku menoton 5cm, karena ingin menemani Kirana. Dan lagi-lagi aku menangis di adegan yang sama. Mungkin kalian menebak aku menangis ketika adegan Ian, (dikira) meninggal. Well, aku memang nangis si di adegan itu, (meski sebenarnya aku tahu persis ga ada yang meninggal, karena aku udah baca bukunya) tapi adegan yang kumaksud adalah adegan lainnya. yaitu ketika mereka mengibarkan bendera merah putih, dan bergantian berbicara betapa cintanya mereka dengan Indonesia.

Aku menangis sejadi-jadinya ketika adegan tersebut. Entahlah, mungkin karena akupun sangat mencintai Indonesia. Tapi sekaligus juga aku merasa betapa permasalahan Indonesia semakin pelik. Bagaimana keindahan Indonesia semakin terkikis. Lahan-lahan penduduk diambil alih, hutan-hutan ditebangi, hak atas pendidikan dan kesehatan dirampas. Sementara tenaga rakyatnya diperas, menghasilkan yang banyak, dengan upah yang sangat rendah.

Sebelum aku membaca dan menonton 5cm pun, sejak kecil aku sudah akrab dengan kata-kata: Mencintai Indonesia bukanlah hal yang sulit.  Aku makan dari tanahnya, minum dari airnya.  Namun ketika tokoh Ian dalam 5cm menyatakan hal senada, justru yang teripikir adalah: Tapi minumnya air minum kemasan. Privatisasi air.

Rasanya, pengakuan anak-anak muda yang mencintai bangsanya itu, akan lengkap apabila ditutup dengan: Ayo kita usir ‘World Bank’* dari Indonesia

 

NB: Setelah menonton film, Kirana pun memberikan reaksinya: “Indonesia seindah itu, dikuasain sama Negara lain”

— I I —

*Catatan: World Bank dengan tanda kutip, dimaksudkan karena WB itu sendiri sebagai simbol. Di samping WB, ada ADB, dan Lembaga Keuangan Internasional (IFI) lainnya, juga aktor-aktor lain yang mempengaruhi kebijakan Negara ini dan berdampak pada pemiskinan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

