Menoleh ke belakang

Ada satu titik di mana kepala ini tak henti2nya menoleh ke belakang. Menyaksikan potongan demi potongan adegan yang sudah ditinggalkan. Ditinggalkan tapi tidak dilupakan.

Menoleh ke belakang bukan berarti ingin kembali ke sana. Karena hati ini tau, yang di depan jauh lebih indah. teramat indah, bahkan terlalu indah walau masih berupa bayangan.

Menoleh ke belakang bukan berarti tak ikhlas melepaskan.Karena apa yang akan kudapat di depan jauh lebih layak tuk diraih dan diperjuangkan. Amat layak, walau mungkin hasilnya tak seperti yang diinginkan, tapi perjuangan itu sendiri sudah layak untuk diperjuangkan.

Menoleh ke belakang bukan berarti takut maju. Walau langkah ini geraknya hanya perlahan, namun kutahu pasti dia tidak meragu. Dia berjalan mantap. Pelan memang, tapi penuh keyakinan.

Menoleh ke belakang bukan berarti telah menyerah. Karena bangkit adalah keniscayaan. Sesring apapun diri ini jatuh, sebanyak apapun diri ini runtuh, tubuh, hati, jiwa akan selalu bangun kembali. Menyusun kekuatan-kekuatan yang memang sudah ada di dalam diri. Dan menemukan bahwa sang diri sudah lebih kuat, jauh lebih kuat dari sebelum ia terjatuh runtuh.

Semua boleh datang dn pergi. Masa lalu biarlah memiliki tempat tersendiri di rongga hati. Yang bisa kutengok kapanpun kumau. Untuk ku petik pelajaran dan menemukan kekuatan besar dalam diriku.

Dan saat ini, aku ingin berjalan pasti, ke satu arah, dimana aku tak ragu tuk mencoba. Kepada apa yang kuyakini layak tuk diperjuangkan. Mantap, bukan karena aku ingin lari dari si masa lalu. Tapi untuk ku menyambut masa depanku yang indah. Entah saat ini kuberjalan ke persinggahan atau pelabuhan. Tapi aku tak ragu. Kalaupun persinggahan, dia kan mengajariku tuk melangkah lebih mantap ke pelabuhanku. Dan seandainya yang sedang kutuju adalah pelabuhan. Maka tak ada lain dari syukur yang bisa kupanjatkan..

Aminnnnnnn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s