Rombong Kami

“Setiap orang adalah guru, setiap tempat adalah sekolah (Yusitisia Rachman, 2010)”

Ibarat merajut mimpi, kini kami sudah memiliki beberapa helai benang. Dan mencoba merajutnya satu per satu hingga perlahan namun pasti mulai membentuk pola dan gambar yang kami inginkan.

29 Mei 2010, Ya Basta (Yayasan Bina Insan dan Literasi) resmi terbentuk. Butuh perjalanan yang cukup panjang mengingat keempat perintis awal (bg Tyan, mbak inka, Ajeng Yura) telah merencanakan untuk membentuk sebuah perpustakaan sejak lama. Pada akhirnya, ide perpustakaan dengan segala kegiatan di dalamnya resmi dirumuskan dengan lima belas orang tercantum sebagai co foundernya. Rombong Belajar Kukusan. Menjadi tempat pertama untuk kami membuktikan kepada diri kami sendiri. Akan arti impian dan kerja keras tuk mewujudkannya.

Dan di tanggal 5 Juni 2010, apa yang ingin kami rajut mulai terlihat polanya. Kami resmi menempati sebuat kontrakan mungkil di daerah kukusan Teknik. Bermodalkan sedikit buku yang kami bawa dari rumah masing-masing. Mencoba berkreasi dengan kardus-kardus bekas selama kami belum memiliki rak buku yang permanen.

Kami tak sendirian. Dibantu beberapa anggota MBC (Mom and Baby Center) yang akan menjadi partner sekantor, kami mencoba menata ruang impian kami. Ruang yang akan menjadi tempt kami berbagi mimpi dan mewujudkannya. Melakukan apa yang selama ini menjadi keinginan setiap hati kami.
Sejumlah rencanapun tertutur penuh semangat. Diskusi film dengan mahasiswa, mengunjungi tokoh-tokoh masyarakat setempat, hingga grand launching yang kami bayangkan meriah dan sederhana sepertinya akan menjadi pola-pola awal dari rajutan mimpi kami.

Tanpa kami mampu membayangkan pola-pola yang lebih kompleks. Social Reading Empowerment, pelatihan tentang kesadaran lingkungan, pelatihan HAM, konsultasi hukum, konsultasi psikologi, konsultasi kesehatan, rasanya sudah tak sabar kami lakukan. Semua akan bermula di sini. Di Rombong Belajar kami. Di suatu ruang sederhana yang warna cat nya tak terlalu kusuka. Namun semangat dari tiap-tiap kami senantiasa mewarnai setiap jengkal dindingnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s