Anak Hujan

hari ini persis seperti minggu kemarin, anak2 itu berlarian menyonsong setiap mobil yang masuk ke terminal. Hujan tampak mulai reda. Namun payung-payung besar yang terbuka seperti jamur berwarna-warni itu sejenak masih menghiasi pemandangan terminal yang padat..

Payung-payung itu menjadi senjata bagi anak-anak kecil, berusia tak lebih dari 11 tahun mencari penghasilan tambahan. Hujan benar-benar menjadi berkah bagi mereka. Seakan semakin kuyup pakaian itu, semakin menggigil tubuh itu tidak menjadikan mereka murung dan mendung. Sebaliknya, tawa mereka semaki lebar.

tawa yang menyertai langkah mereka yang setengah berlari setiap ada mobil masuk. tak jarang mereka bergelantungan sebelum mobil berhenti agar tak keduluan dengan sesama penyewa payung lainnya. dan tak jarang mereka turun begitu saja, karena tak ada penumpang yang bersedia untuk dipayungi. sedikit saja kecewa, tawa lebar yang tetap ditakdirkan menghiasi bibir mereka menghapus kecewa itu dengan sempurna.

Seorang anak, kukira usianya tak lebih dari 5 tahun. Tampaknya lelah menawarkan payung, beralih menjadi tukang cuci kaca mobil daakan. Brharap angkutan umum yang datang sudi tuk sekedar dibersihkan dari embun yang menempel

selain payung, sponge atau tepes juga menjadi senjata mereka, dengan sedikit air sabun, menawarkan setiap mobil yang masuk untuk mengelap kaca mereka.

sempat saya bertanya, biasanya dikasih berapa De? Gope mbak,,

hmm, 500 rupiah dengan berlari2 berebut mobil, dan lebih sering ditolak oleh si supir. Tapi sekali lagi tak ada kesedihan sedikit pun tersirat di paras mereka.. Hanya tawa, hanya canda..

Kampung Melayu 12 Maret 2010

UU Perlindungan Anak

Pasal 4

Setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Pasal 23

(1) Negara dan pemerintah menjamin perlindungan, pemeliharaan, dan kesejahteraan anak dengan memperhatikan hak dan kewajiban orang tua, wali, atau orang lain yang secara hukum bertanggung jawab terhadap anak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s